Menjaga Kesehatan Organ Mata

01 Menjaga Kesehatan Organ MataMenjaga Kesehatan Organ Mata merupakan sebuah hal yg harus kalian benar – benar jaga, karena mata merupakan jendela duni bagi tubuh kita.

Untuk menghindari masalah kesehatan pada mata yg wajib kita hindari merupakan hal penting yg harus di perhatikan. Hal tersebut terjadi karena mata kita merupakan sepasang organ tubuh yg kita pakai setiap harinya.

Akan tetapi di Indoneia hal ini tidak terlalu banyak orang yang memperhatikannya. Karena penduduk Indonesia belum punya cukup kesdaran bahwa tubuh kita ini harus di jaga dengan baik agar kedepannya kita tidak mengalami komplikasi masalah kesehatan.

Baca juga: Tipe Gangguan Pada Mata

Menjaga Kesehatan Bagian Organ Mata Dengan Benar

Apabila kita tidak menjaga kesehatan kita, maka dalam jangka waktu beberapa bulan maupun tahun, mata kalian akan mengalami masalah baik itu rabun jauh, rabun dekat, maupun rabun senja.

Saat indra pengelihatan kita melalui sebuah masalah kesehatan, metode paling baik untuk merawatnya adalah dengan pergi ke dokter khusus. Namun, akan lebih baik lagi jika kita dapat mencegah penyakit tersebut jika di bandingkan dengan mengobati penyakit yang telah kita alami.

Untuk mencegah masalah kesehatan organ mata ini juga tidak mudah. Dan jika kalian sudah terlanjur mengalammi masalah mata, hal tersebut akan memiliki efek yg cukup negatif. Kenyataanya untuk merawat dan menjaga kesehatan organ mata kita ini cuku mudah di laksanakan.

Kalian dapat melakukannya dengan memakan hidangan sehat, dan selalu memakai berbagai macam pelindung mata seperti kacamata jalanan untuk menghindari debu saat kita berkendara.

Tips Menghindari Masalah Kesehatan Organ Mata

Tidak jarang orang yg melupakan bahkan tidak mengetahui bahwa mata kita merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh kita. Kenapa begitu? Karena mata kita merupakan salah satu organ yg berfungsi sebagai salah satu dari lima indra yg di butuhkan oleh manusia.

1. Memakan Hidangan SEhat

Tidak ada yang tahu, bahwa hidangan yg masuk setiap hari akan memiliki pengaruh besar akan kesehatan mata dan juga kesehatan pada organ tubuh lainnya. Untuk menjaga kesehatan organ mata kita, kalian wajib memiliki makanan dengan kandungan vitamin C yg cukup tinggi.

Selain vitamin C, kalian juga memerlukan berbagai zat lain seperti:

  • Vitamin E
  • Asam Lemak
  • Zink
  • O-3
  • dan Liutein

Kalian dapat memperoleh berbagai macam nutrisi diatas dengan memakan hidangan berbahan berikut ini:

  • Sayuran HIjau
  • Tuna
  • Telur
  • Kacan – kacangan
  • Blueberry
  • Blackberry
  • dan juga Jeruk

2. Hentikan kebiasaan merokok

Untuk kalian yg gemar membakar uang dengan cara merokok, hal tersebut akan menyebabkan berbagai macam penyakit selain mempengaruhi mata. Penyakit yg muncul akan datang pada bagian organ paru – paru dan juga Jantung jika kalian merupakan perokok berat.

Untuk masalah kesehatan organ mata, merokok akan menyebabkan beberapa kerusakan mata seperti:

  • Katarak
  • Degenerasi Makula
  • Kerusakan Saraf Optik
  • Kebutaan akiubat retina yg rusak

3. Kacamata Pelindung

Untuk menjaga kesehatan organ mata, kita dapat laksanakan dengan memakai sebuah pelindung kesehatan mata yg berupa kacamata. Hal ini dapat di lakukan baik kalian berada di luar saat bersepeda maupun berkendara motor atau saat kalian berada di depan komputer.

Dan jika matahari sedang terik, di sarankan menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi intensitas cahaya yang terpantul oleh objek ke mata kita. Sedangkan jika kalian berada di depan komputer, pastikan kacamata yg di pakai adalah kacamata anti radiasi.

Kenapa kita harus menggunakan kaca mata hitam saat beraktivitas saat matahari terik? Hal tersebut di karenakan matahari memiliki sinar Ultra Violet yg akan mengakibatkan masalah kesehatan seperti katarak, dan juga degenerasi Makula.

SEperti halnya kita membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit kita dari sinar Ultra violet ini. Mata kita juga tidak boleh terkena sinar Ultra Violet tersebut dalam waktu yg lama, sehingga penggunaan kaca mata hitam akan mampu menyaring sinar ultra violet agar tidak langsung tertangkap oleh mata.

Untuk kacamata hitam yg digunakan, bukan sembarang kacamata, dimana kalian harus menggunakan kacamata dengan perlindungan sinar ultra violet dengan tingkat 99 persen hingga 100 persen untuk sinar UVA dan juga UNB.

Apabila kalian menggunakan kontak lens, maka kalian dapat menggunakan opsi yang juga memberikan perlindungan dari sinar Ultra Violet tersebut. Walaupun begitu, akan di rekomendasikan menggunakan kacamata hitam yang memiliki lapisan bertingkat.

4. Istirahat dari Komputer

Potensi masalah kesehatan pada organ mata akan menjadi lebih tinggi apabila kita terlalu lama melihat monitor komputer. Hal tersebut dapat di akibatkan karena mata kita tegan dan juga menjadi kering.

Jika masalah tersebut di lanjutkan, maka efeknya akan membuat pengelihatan kita menjadi buram, rasa nyeri di bagian leher, setelah itu sakit kepala, bahkan dapat menyebabkan bahu dan juga punggung kita merasa sakit.

Apabila kalian di wajibkan untuk beraktivitas di depan komputer dalam waktu yg cukup lama, pastikan kalian mengistirahatkan mata kalian paling tidak 20 menit sekali. Lalu cobalah untuk mengalihkan fokus kalian yang lebih jauh dari komputer di depan kalian karena hal ini akan membantu mata kalian menjadi tidak tegang.

Aturan 20-20-20

Pada era ini abnyak pekerjaan dan kegiatan yang membutuhkan kita untuk melihat layar monitor komputer, smartphone, maupu tablet seharian penuh.

Melihat layar monitor terlalu lama akan menyebabkan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Ketegangan Mata
  • Mata Kabur
  • Fokus menjadi lebih sulit
  • Mata menjadi kering
  • Kepala menjadi sakit,

nyeri pada bagian pundahk, bahu, dan punggung seperti yang telah di bahas diatas

Untuk aturan 20-20-20 itu sendiri adalah aturan dimana kalian harus melatih atau mengistirahatkan mata kalian setiap 20 menit sekali.  Lalu melihat benda maupun objek lain sejauh 20 kaki, dengan lama sekitar 20 detik.

Di kutip dari Cleveland Clinic, dengan mengikuti aturan diatas, mata kalian akan menjadi lebih santai, dan dengan mengedipkan mata, akan secara otomatis mata kalian akan di beri pelumas alami dari kelopak mata.

5. Teratur melakukan pemeriksaan Mata

Cara terbaik untuk menjaga kesehata mata kita adalah dengan melakukan pemeriksaan mata ke dokter secara teratur. Hal ini akan memberitahukan kondisi mata kalian dengan baik, dan apabila terjadi kelainan yg saat melakukan pemeriksaan mata, maka kailan dapat mencegah, maupun mengeatasi masalah mata secara dini.

Untuk melakukan pemeriksaan mata ini dapat di lakukan paling tidak setiap 2 tahun sekali, dan di sarankan lebih cepat dari itu.

SEbagai tips tambahan untuk menjaga keshatan mata kita. Apabila mata kalian terasa gatal, maupun warna mata kalian menjadi kemerahan, maka kalian dapat rawat dengan memberikan obat tetes mata atau menggunakan kompresan air dingin. Dan apabila mata kalian kemasukan butiran pasir maupun debu, maka kalian dapat hilangkan dengan menggunakan air mengalir yg bersih dengan cara membilasnya.