Tipe Gangguan Pada Mata

53 Jenis Penyakit Pada MataTipe Gangguan Pada Mata adalah hal yg penting untuk kalian ketahui, karena mata adalah jendela dari tubuh kita untuk dapat melihat.

Kasus kebutaan yang ada di Indonesia bisa di golongkan tidak pada tingkat yang terlalu tinggi. Walaupun seperti itu, gangguan mata dan juga kebutaan masih menjadi salah sastu masalah kesehatan yang cukup serius, terutama pada lansia.

Tingginya angka kebutaan yang di alami oleh lansia biasanya terjadi akibat katarak, biasanya katarak tersebut akan terus tumbuh bersama umur. Lalu apa yang apa saja yang menjadi masalah mata yang sering di temukan di Indonesina? Baca juga artikel kami lainnya tentang Menjaga Kesehatan Dengan Qigong

Jenis gangguan yg Sering Terjadi Pada Mata

LIst dibawah ini akan menjelaskan berbagai hal tentang gangguan mata yang sering di alami oleh masyarakat Indonesia. Segera hubungi dokter mata jika Kalian mengalami gejalanya.

1. Katarak

Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia, bahkan mencapai 50 persen.Dari data yang di dapatkan di Indonesia pada tahun 20013, setiap 100 orang terdapat satu orang yang menderita penyakit mata katarak. Jumlah terbanyak penyakit katarak tersebut berada di Sulawesi Utara, dan yang paling kecil jumlahnya adalah di DKI Jakarta.

Kasus yang tinggi ini menyebabkan kebutaan katarak, dan alasan utama karena katarak ini memiliki jumlah yang banyak adalah kurangnya pengetahuan akan katarak dan juga sedikit orang yang mengetahui gejala-gejala pada penyakit mata katarak.

Katarak ini sendiri membuat lapisan mata kita menjadi berkabut, sehingga mata kita akan kabur sebagai salah satu gejala awalnya. Orang yang menderita katarak tidak dapat melihat dengan mudah di saat gelap, biasanya penderitanya akan mengalami kesulitan untuk melihat intensitas cahaya yang ada, dan sulit melihat warna.

Selain faktor umur, sebagian hal yg bisa meningkatkan risiko katarak sejak umur muda merupakan genetik, diabetes yg tidak diobati, hipertensi yg tidak ditangani, merokok, hingga pernah terkena gangguan mata tertentu lainnya.

2. Glaukoma

Gangguan mata tersebut menjadi salah satu penyebab kebutaan sebanyak 13.4% di Indonesia. Glaukoma terjadi karena tingginya tekanan bola mata sehingga merusak saraf optik yg berperan dalam penglihatan.

Terdapat dua Tipe Gangguan Pada Mata Glaukoma seperti:

  • Glaukoma Sudut Terbuka Primer
  • Dan Glaukoma Sudut Tertutup

Kedua tipe glaukoma itu biasa terjadi karena beberapa faktor seperti:

  • umur
  • keturunan
  • komplikasi hipertensi pada mata
  • komplikasi diabetes
  • hingga mengalami gangguan mata khusus seperti ablasi retina dan juga masalah mata yang di sebabkan oleh infeksi dan inflamasi.

Glaukoma bisa di hindari dengan mengetahui gejala awalnya, dan dapat di rawat menggunakan cara yang benar.

3. Masalah refraksi

Masalah refraksi mata adlah salah satu gangguan pada mata yg membuat cahaya yang masuk ke mata tidak fokus ke retina. Kelainan refraksi menyebabkan kebutaan sebesar 9,5% di Indonesia.

sebagian kelainan refraksi pada mata meliputi:

  • Rabun dekat biasanya membuat mata kita menjadi buram dan sulit untuk melihat objek pada jarak yang dekat, seperti membaca koran, maupun mengoperasikan komputer.
  • Rabun Jauh akan membuat pengelihatan mata kita mnejadi sulit untunk melihat objek di jarak jauh, contohnya seperti pada saat kita mengemudikan mobil maupun menonton televisi.
  • Astigmatisme merupakan gangguan mata yang membuat kita melihat objek jauh dan dekat menjadi double atau terbagi dua.
  • Presbiopia (mata tua): terjadi pada umur 40 tahun ke atas yg menyebabkan penglihatan buram dalam jarak dekat. keadaan ini terkait dengan penambahan umur.

Gejala awal dan yang sering di temui oleh refraksi mata adalah sulit melihat sebuah benda secara jelas, baik itu dari jarak jauh maupun dekat, pengelihatan yang kabur atau terdapat bayangan, bahkan kepala kita akan mudah sakit karena mengalami kesulitan dalam fokus pada sebuah objek.

4. Konjungtivitis (mata merah)

Masalah pada mata yang satu ini merupakan masalah yang sering terjadi di Indonesia, dan biasa terjadi akibat polusi, zat kimia, alergi, dan infeksi. Dan Hal ini menyebabkan mata kita terlihat merah, dan Konjungtivitis menyebabkan beberapa hal seperti:

  • mata merah
  • terasa nyeri
  • gatal
  • berair hingga pembengkakan di sekitar area mata

Mata merah dapat disembuhkan dengan penggunaan obat tetes mata.

5. Pterigium

Masalah pada mata yang satu ini di sebabkan oleh selaput lendir yang melapisi bagian putih pada mata. gangguan mata ini sering terjadi akibat sering terpapar radiasi sinar matahari.

Gejalanya dapat meliputi mata merah, pandangan kabur, serta mata yg terasa gatal atau panas. Terdapat selaput lendir yang membuat mata kita lebih mudah kelilipan debu dan sebagainya.  Pterigium dapat disembuhkan dengan pemberian resep tetes mata kortikosteroid untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut atau dengan operasi.

6. Retinopati diabetik

Dikutip dari Mayo Clinic, retinopati diabetik merupakan komplikasi diabetes yg menyerang mata. gangguan mata yang satu ini terjadi karena terdaapat pembuluh darah yang pek akan cahaya pada bagian belakang mata.

Pada mulanya, retinopati diabetik tidak menampakkan gejala yang biasanya hanya terdapat masalah ringan, dan biasa di anggap sepele. Akan tetapi keadaan tersebut akan menjadi lebih parah jika di biarkan begitu saja, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Keadaan tersebut dapat menjadi lebih parah untuk orang yang mengalami penyakit diabetes, baik itu dari tipe 1 maupun dari tipe 2. Semakin lama Kalian menderita diabetes atau ketika gula darah Kalian kurang terkontrol, semakin besar kemungkinan Kalian mengalami retinopati diabetik.

7. Degenerasi makula terkait umur

Degenerasi makula terkait umur atau age-related macular degeneration (AMD) terjadi ketika bagian retina yg disebut makula rusak. Dengan AMD, Kalian akan kehilangan penglihatan sentral Kalian.

Dalam keadaan ini, Kalian tidak bisa melihat detail dengan baik. Namun, penglihatan tepi (samping) Kalian akan tetap normal. Misalnya, Kalian melihat jam tangan. Kalian mungkin akan melihat angka-angka jam, tapi bukan jarumnya.

Degenerasi makula terkait umur adalah gangguan mata yg sangat umum terjadi. keadaan ini adalah penyebab umum kehilangan penglihatan pada orang dengan umur 50 tahun atau lebih.

8. Strabismus

Strabismus merupakan keadaan ketika mata Kalian tidak sejajar dengan benar dan mengarah ke arah yg berbeda. Kalian mungkin mengenalnya dengan istilah mata juling.

Strabismus memengaruhi penglihatan, karena kedua mata harus mengarah pada tempat yg sama untuk melihat dengan baik. keadaan ini bisa diakibatkan dari sebagian hal, termasuk diabetes, cedera kepala, atau kerusakan otot mata setelah operasi mata.

sebagian gangguan mata di atas dapat ditangani dan dicegah agar tidak semakin memburuk sehingga berisiko pada penglihatan Kalian. Sebagai upaya pencegahan awal, Kalian dapat memeriksakan mata Kalian secara rutin ke dokter mata. Dengan begitu, Kalian dapat menemukan lebih dini jika ada keadaan tertentu pada mata Kalian.

Menjaga Kesehatan Mata

1. Periksa mata setiap 12 bulan

62 Periksa mata setiap 12 bulanTips menjaga kesehatan mata yg pertama merupakan rutin memeriksakan mata Kalian. Masalah penglihatan yg tidak ditangani akan berkembang semakin parah, sebaiknya dihindari memakai lensa kontak atau kacamata yg tidak lagi cocok untuk Kalian karena bisa menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Kacamata anti-UV

Tips menjaga kesehatan mata merikutnya menggunakan kacamata anti-UV. Seperti kita ketahui, sinar UV bisa membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yg baik bisa mencegah hal ini.

 

3. Istirahatkan mata Kalian

Cara menjaga kesehatan mata ini sederhana, Kalian cukup istirahat. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yg menyebabkan mata jadi kering. Lakukan ini selama sebagian menit setiap 30 menit. Dan itulah beberapa pembahasan tentang Tipe Gangguan Pada Mata.